Cara Berwudlu Wanita Berkerudung

_Wanita Berkerudung Berwudlu di Tempat Terbuka_

_Bagaimana cara yang benar bagi wanita berkerudung berwudlu saat berada ditempat terbuka? Apakah boleh membuka kerudungnya?


Jika berwudlu di tempat terbuka, wanita tidak perlu membuka kerudung. Usap saja kepala dengan tetap memakai kerudung. Artinya yang di usap bukan rambutnya tapi kerudungnya yang menempel dikepala. Hal ini merujuk pada keterangan berikut. "Aku pernah melihat Rasulullah saw mengusap sorban dan kedua sepatunya ketika wudlu." (HR Bukhari, Ahmad dan Ibnu Majah dari Amr Ibnu Umayyah r.a).

Hadits ini menegaskan, bahwa Rasulullah saw, mengusap kepalanya tanpa mencopot sorbannya. Berarti, kaum wanita boleh mengusap kepalanya tanpa harus membuka atau mencopot kerudungnya.

Bahkan, mereka pun tidak perlu membuka sepatu dan kaos kaki. Sepatupun cukup di usap bagian atasnya sebagaimana di jelaskan dalam hadits di atas.

Kesimpulan;
Wanita berjilbab di perbolehkan tidak membuka kerudung, kaos kaki atau sepatunya saat wudlu ditempat terbuka. Mereka cukup mengusap kerudung yang menempel di kepalanya dan mengusap sepatu atau kaos kaki bagian atasnya.

Oleh : K.H Aam Amiruddin
penulis buku:
'Sudah sempurnakah Shalatku.'

Agama itu solusi bukan sesuatu yang bikin njelimet dan ribet bagi pemeluknya. Hanya kedangkalan wawasan kita terhadap ilmu agama yang dangkal hingga kita merasa aturan agama terlalu ribet utk di peraktekan dalam kehidupan sehari-hari.

Comments