Jenis & Macam Domain

Domain banyak jenisnya, diantaranya adalah
  • Top Level Domain (TLD)
    Yang termasuk dalam TLD adalah domain dengan akhiran .biz, .com, .edu, .gov, .info, .int, .mil, .name, .net, .org.
  • Second Level Domain
    Second Level Domain merupakan nama unik utama dari domain. Contohnya: www.facebook.com, Second Level Domain-nya adalah facebook.
  • Third Level Domain / Subdomain
    Subdomain pada intinya adalah anak dari domain utama. Pasti kamu pernah menemui situs dengan alamat www.NAMAKAMU.blogspot.com atau www.NAMAKAMU.wordpress.com. NAMAKAMU itulah yang dinamakan dengan subdomain. Sedangkan blogspot dan wordpress merupakan domain utama atau induk domain. Jadi kamu menggunakan nama subdomain NAMAKAMU di www.wordpress.com.
domain names 300x218 Cara Sederhana Mengenal Domain dan HostingUntuk macam-macam nama domain bisa dikatakan sangatlah banyak. Selain Top Level Domain, di setiap negara memiliki sistem nama domain tersendiri sebagai identitas. Misal di Indonesia terdapat akhiran domain .co.id, .web.id, .ac.id, dll. Untuk lebih jauhnya mengenai macam-macam domain ini, silakan kunjungi WIKIPEDIA.
Sudah tau kan apa itu domain? Kalau masih belum jelas, cara yang paling sederhana untuk mengenal domain adalah dengan mengibaratkan domain itu adalah alamat. Alamat rumahkah? Ya boleh saja. Ketika kita ingin mengunjungi rumah seseorang tentunya kta harus tau alamat rumahnya kan? Inilah kegunaan dari domain, yaitu sebagai alamat situs.
Cara Sederhana Mengenal Hosting
Ada domain, ada hosting. Kalau kamu mengakses suatu domain (alamat situs), kamu akan dibawa mengunjungi suatu halaman situs. Tahukah dimana halaman situs tersebut berada? Jawabannya ada di suatu tempat yang bernama hosting.
Secara umum, hosting adalah tempat dimana data-data pembangun situs berada, seperti halaman-halaman situs yang kamu lihat, teks, gambar dan data yang akan kita download.

Comments