NSF Berikan Dana 10 Juta Dolar Kepada Harvard Untuk Eksperimen Robot Lebah


Perkembangan dunia robotic memang menarik untuk diketahui. Banyak lembaga akhirnya saling berkompetisi untuk melakukan eksperimen untuk membuat robot canggih dan dapat melakukan aktivitas seperti layaknya makhluk hidup.

National Science Foundation memberikan dana sebesar 10 juta USD atau sekitar 100 milyar rupiah kepada Harvard untuk melakukan eksperimen dalam pembuatan sekawanan robot lebah yang dapat terbang ke sana kemari, seperti halnya lebah pada umumnya.

Sebelumnya pihak Harvard sendiri telah berhasil menerbangkan robot lebah dengan program khusus yang ditanam di dalamnya. Dengan eksperimen baru ini diharapkan nantinya dengan adanya kerjasama antara NSF dan Harvard akan membuahkan hasil yaitu sekawanan robot lebah.

Tujuan pembuatan robot ini adalah agar bisa menghasilkan robot yang bisa terbang dengan ukuran kecil, selain itu hemat energi. Dengan adanya sekawanan robot lebah ini nanti akan dapat digunakan di medan pertempuran atau untuk mengintai karena tentu dengan robot berukuran besar dan tak bisa terbang, hal ini tak bisa dilakukan dengan begitu saja. Rencananya untuk dapat membuat robot ini bekerja dengan baik, dibutuhkan setidaknya waktu selama 5 tahun mendatang untuk bereksperimen. Hmmmm, cukup lama juga ya, tapi semoga saja dana begitu besar tidak akan sia-sia nantinya.

beritateknologi.com | Oct 15, 2009

Comments