Misteri Senjata Nabi Daud Dalam Karya Michaelangelo


Tokoh Daud di karya Michangelo diyakini menyimpan senjata rahasia di tangan kanannya. Senjata ini dikenal dengan nama fustibal (ketapel) atau senjata pelempar batu.

Informasi ini disampaikan pada ‘Florens 2010: Pekan Internasional Warisan Budaya dan Lingkungan’ selama tiga hari sebagai bentuk penghargaan terhadap karya Micheleangelo.

Studi terbaru menyimpulkan bahwa tangan kanan Daud mencengkeram senjata silinder. “Pembuluh darah yang menggembung pada tangan kanan menunjukkan suatu senjata yang mengerikan di mana ini digunakan pada zaman kuno hingga abad ke-17,” ujar sejarawan seni Sergio Risaliti dan Francesco Vossilla yang menulis buku L’Atro David.

Senjata ini dikenal dengan nama fustibal (ketapel) atau senjata pelempar batu. Dengan tali kulit, alat ini seperti ketapel besar, ujar ahli cerita rakyat klasik Adrienne Mayor yang tidak ada kaitannya dengan penelitian terbaru itu.

Fustibal dikenal pada zaman Romawi dan mampu melemparkan bola hingga 182 meter. Ini pertama kali diinformasikan ke khalayak oleh penulis militer Vegetius.

Senjata itu juga sempat muncul di beberapa gambar Leonardo Da Vinci (1452-1519) serta karya Lorenzo Ghiberti yang berjudul ‘Gates of Paradise’ (1378 -1455) yang menggambarkan kemenangan Daud atas Goliath. Para peneliti berspekulasi bahwa fustibal telah mempengaruhi Michelangelo yang sangat mengagumi karya Ghiberti.

Comments