Meski Berubah, Jangan Percaya Zodiak Astrologi

INILAH.COM, Jakarta - Terjadi perubahan penanggalan zona astronomi. Namun, penganut budaya ramalan berdasarkan astrologi tidak terkena dampak apapun. Bahkan, masyarakat diminta jangan percaya.


Hal ini diungkapkan Peneliti Utama Riset Astronomi dan Astrofisika LAPAN Thomas Djamaluddin saat dihubungi INILAH.COM. Menurutnya, secara astronomi maupun astrologi, tak ada perubahan jumlah zodiak yang dianut.

Zodiak menurut astronomi merupakan rangkaian rasi bintang yang tampak dilalui oleh matahari dalam perjalanan siklus tahunan. Astrologi, khususnya dalam budaya Barat, memiliki 12 zodiak berdasarkan lintasan matahari yang sama rentangnya dan diasosiasikan dengan 12 rasi.

Pemahaman inilah yang menjadi dasar budaya ramalan di masyarakat. Namun Thomas melihat bahwa masyarakat terlalu percaya terhadap sesuatu yang tidak berbasis logika.

“Ramalan berdasarkan zodiak astrologi seharusnya tidak dipercaya mengingat ini tidak memiliki dasar logika yang jelas. Tidak ada ilmu ilmiah yang mampu menjelaskan ramalan kehidupan berdasarkan astrologi. Ini sekadar budaya dan kepercayaan semata,” tegas Thomas.

Perubahan astronomi tidak mempengaruhi pandangan astrologi yang percaya dengan 12 rasi yaitu Leo, Cancer, Gemini, Taurus, Aries, Pisces, Aquarius, Capricorn, Sagitarius, Scorpio, Libra dan Virgo. [vin]

Comments