Jenis Dan Manfaat Tumbuhan

Manfaat dari Kencur

Tanaman yang berbahasa ilmiah Kaemferia galangal L. ini sering disebut kencur, di Bali dikenal dengan sebutan cekuh.

Khasiat kencur sangat banyak diantaranya :
Menghilangkan penat dan nyeri-nyeri di badan, menambah nafsu makan, memperlancar peredaran darah, perut kembung, sakit gigi, nyeri dada, sakit kepala, sembelit, tetanus, radang lambung, muntah-muntah, obat batuk, penurun panas dalam serta keracunan.

Berdasarkan analisis laboratorium, minyak atsiri dalam rimpang kencur mengandung kurang lebih 23 macam senyawa. Tujuh belas diantaranya mengandung senyawa aromatic, monoterpena, dan seskuiterpena. Kandungan ini punya efek mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri (daya analgesic). Kencur juga bersifat stimulant, sehingga bisa sebagai penambah tenaga. Selain itu juga bersifat karminatif atau meluruhkan angin, jadi menghilangkan kembung diperut.


Untuk obat tetabus
Cara pengolahan :
Ambil rimpang kencur sebesar 3 jari. Tambahkan daun jinten setengah genggam dan daun ngokilo 18 lembar. Cuci bersih lalu ramulah dan potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih. Tambahkan 3 jari gula enau. Biarkan air perebusan hingga ¾-nya. Air rebusan didinginkan, baru disaring dan diminum sebanyak ¾ gelas. Sebaiknya ramuan ini diminum 3 kali sehari.


Untuk obat sakit perut
Cara pengolahan :
Sepotong kencur sebesar jari dicuci, lalu diparut, beri 2 sendok makan air, peras airnya dengan kain, untuk satu kali minum. Minum dua kali selama beberapa hari. Sedangkan untuk anak-anak gunakan setengah dosis.

Untuk obat batuk
Cara pengolahan :
Ambil kencur dan beras kemudian rendam dalam air segelas. Setelah beras tidak keras, kunyah beras bersama kencur dan air kunyahan ditelan serta rasakan hasilny, gatal beserta batuk akan segera reda.
Ambil 5 gram kencur segar cuci sampai bersih, kemudian parut, lalu tambahkan 2 sendok makan air putih matang dan aduk. Setelah disaring tambahkan madu murni. Minumkan 2-3 kali sehari

---------------------------------------------------------------------


Jeruk Nipis


Untuk obat batuk
Cara pengolahan : belah buah jeruk nipis, kemudian oleskan kapur sirih pada pada permukaan belahannya dan minum air perasan jeruk nipis tersebut dengan dicampur dengan air jernih (disajikan hangat lebih bagus). Resep ini juga berguna untuk mengeluarkan dahak. Adapun cari lain untuk megolahnya adalah dengan mencampur air perasan jeruk nipis dengan kecap dalam sebuah cangkir.


----------------------------------------------------------------------------------

Daun sirih


Untuk obat batuk
Bahan-bahan :
Daun sirih 5 lembar, cengkeh, kapulaga, kemukus (masing-masing 11 biji), dan kayu manis seukuran I jari tangan.
Cara mengolah :
Semua bahan dicuci bersih, kemudian direbus dengan air sebanyak 2 gelas. Tunggu sampai mendidih, angkat lalu saring. Setelah itu segera minum selagi hangat.
Daun Sirih Menghilangkan Biang Keringat
Cara pemanfaatan :
Rebus tiga atau empat lembar sirih, lalu campurkan dalam air bak mandi. Air daun sirih sangat membantu menghilangkan biang keringat yang seringkali mengganggu anak-anak kecil terutama pada musim panas.


Air susu yang keluar terus menerus pada ibu
Cara pemanfaatan :
Ambil 6 lembar daun sirih muda, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian dicampur dengan 1 sendok teh minyak goreng. Kalau sudah tercampur rata, lalu kita oleskan pada seluruh bagian payudara. Lakukan cara ini setiap malam, niscaya air susu yang terus menerus keluar, akhirnya akan berhenti juga.

------------------------------------------------------------------------------------


Belimbing Wuluh

Untuk obat batuk :
Bahan-bahan :
Satu genggam bunga belimbing wuluh segar, 5 butir adas, 1 sendok makan gula batu dan ½ gelas air.
Cara membuat :
Kukus bunga daun belimbing wuluh segar dalam panci kecil tertutup selama beberapa jam kemudian angkat dan campurkan dengan bahan lain diatas. Saring dan minumkan 2-3 kali sehari


----------------------------------------------------------------------------------

Bunga Lili


Cara membuat :
10 gram umbi bunga lili, 5 gram umbi anggrek tanah dan 10 gram kulit jeruk mandarin kering direbus dengan 400cc air hingga tersisa 200cc. miunum selagi hangat.


------------------------------------------------------------------------------------

Jambu Monyet

Khasiatnya :
mengatasi penyakit diabetes mellitus, radang mulut hingga disentri.

Kandungan senyawa kimia :
Tanim, anacardic acid, dan cardol yang bermanfaat sbagai anti bakteri dan antiseptic. Selain itu, daunnya yang masih muda juga mempunyai komposisi kandungan kimia seperti vitamin A, C, kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi dan air.

Diabetes Melitus.
Cara membuat :
2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus bersama 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari.


Disentri
Cara membuat:
1 genggam daun yang masih muda dan 1 potong kulit jambu monyet. Kedua bahan tersebut direbus bersama 1.5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari.

Radang Mulut
Cara membuat :
1 genggam daun dan 1 potong kulit jambu monyet. Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih. Lalu disaring dan ambil airnya. Minum 2 kali sehari.

-------------------------------------------------------------------------------------


Manfaat dari Jahe


Tumbuhan yang bernama latin Zingeber officinale.
Nama Lokal : Ginger (Inggris), Halia (Indonesia), Jae (Jawa), Jahe (Sunda), Jahya (Bali), Sipodeh (Minang), Melito (Gorontalo), Jhai (Madura), Lia (Flores), Goraka (Ternate), Late (Timor).
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Reumatik/Encok, Impoten, Alergi udang, Pegal, Batuk, Sakit pinggang, Sakit Kepala, Mencret dan muntah-muntah.
Pemanfaatan :
Reumatik dan Encok
Cara pengolahan :
Ambil rimpang jahe secukupnya dibakar, kemudian dicuci bersih dan diparut, selanjutnya ditempelkan pada bagian yang sakit dan dilakukan secara teratur sampai sembuh.
Ambil 4 rimpang jahe sebesar ibu jari, 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari dan 2 sendok makan buah cengkeh kering. Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan ditambah dengan 2-3 sendok makan air tajin. Lalu dioleskan sebagai obat gosok pada bagian yang sakit dan dilakukan 3-5 hari secara berturut-turut.
Mencegah Impoten
Bahan :
2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 1 butir jeruk nipis, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 sendok makan kecap, 1 sendok makan madu, dan seujung sendok teh bubuk merica.
Cara Pengolahan :
Jahe diparut dan diperas dengan 1 gelas air masak, kemudian disaring, lalu jeruk nipis dibelah dan diperas untuk diambil airnya, telur ayam mentah dipecah dan diambil kuningnya, kemudian dicampur dengan semua bahan lainnya dan diaduk sampai merata. Lalu diminum seminggu 1 kali dilakukan secara teratur.
Alergi Udang
Cara pengolahan :
3-7 rimpang jahe sebesar ibu jari diparut dan ditambah minyak tanah secukupnya. Lalu dioleskan pada bagian badan yang terasa gatal.
Sakit Pinggang dan keseleo
Cara pemanfaatan :
4-8 rimpang jahe sebesar ibu jari diparut dan dicampur dengan buah asam jawa yang sudah masak secukupnya. Lalu dioleskan (bobok) pada bagian badan yang terasa sakit.
Capek dan Pegal-pegal
Cara pemanfaatan :
2 rimpang jahe sebesar ibu jari dibakar dan dibersihkan, kemudian direbus bersama dengan susu perah secukupnya, kemudian diminum.
2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 1 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 ikat daun kemangi, 1 genggam beras yang sudah direndam air dan sedikit garam dapur. Semua bahan tersebut ditumbuk halus (dipipis) bersama-sama, kemudian dioleskan sebagai param.
3 rimpang jahe sebesar ibu jari, tepung terigu secukupnya, dan 1 potong asam jawa yang sudah masak. jahe diparut, kemudian ditambah tepung terigu dan asam jawa untuk dibuat adonan dengan ditambah air hangat secukupnya, kemudian dioleskaskan sebagai param.
Sakit Kepala
Cara pemanfaatan :
2-3 lembar daun jahe ditumbuk halus dan ditambah sedikit air, kemudian digunakan untuk mengompres dahi.



Batuk
Cara pemanfaatan :
2-3 rimpang jahe sebesar ibu jari direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.
3-4 rimpang jahe sebesar ibu jari, 1 butir jeruk nipis, 1 sendok teh kayu putih, kemudian jahe diparut, jeruk nipis dibakar dan diperas untuk diambil airnya, kemudian semua bahan tersebut dicampur dan diremas-remas, lalu dioleskan pada bagian dada anak balita yang sakit pada pagi dan sore hari setelah mandi atau menjelang tidur.
Mencret dan Muntah-muntah
Cara pemanfaatan :
Rimpang jahe secukupnya, bunga dan buah pala secukupnya, jintan putih secukupnya, 1 gelas santan kelapa, 1 sendok teh minyak kayu putih. Kemudian semua bahan tersebut ditumbuk halus (dipipis), lalu dicampur dengan santan kelapa dan minyak kayu putih sampai merata,setelah itu gunakan sebagai obat gosok.

-------------------------------------------------------------------------------------

Manfaat Bawang Merah


Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk
Cara pemanfaatan :
Ambil 1 buah bawang merah, lalu bersihkan dari kulitnya. Setelah itu belah menjadi 2 bagian dan oleskan pada bagian yang digigit nyamuk.

Obat masuk angin
Cara pemanfaatan :
Ambil beberapa buah bawang merah, lalu kupas sampai bersih. Setelah itu parut bawang merah tersebut sampai halus, setelah halus kemudian campurkan dengan minyak tanah secukupnya. Lalu oleskan pada seluruh bagian tubuh.

Obat luka memar
Cara pemanfaatan :
Ambil beberapa butir bawang merah lalu bakar sampai matang, setelah matang kupas dan remas-remas dengan minyak goreng secukupnya. Setelah itu oleskan pada bagian yang memar secara rutin.

---------------------------------------------------------------------------------

Kegunaan Srigading (sirih gading)


Obat penurun panas dan masa nifas
Cara pemanfaatan :
Ambil daun dan bunga srigading secukupnya lalu direbus dengan air sampai airnya tinggal setengahnya, lalu minum secara rutin.
Obat radang kulit yang menyerupai kusta
Cara pemanfaatan :
Ambil bunga 5 biji srigading lalu diseduh seperti teh dengan air 1 gelas. Minum selagi hangat pada pagi dan sore hari.


----------------------------------------------------------------------------------

Kegunaan Batang Serai

Mengembalikan bentuk tubuh dan urat yang mengendur setelah melahirkan
Cara pemanfaatan :
Ambil 7 sampai 10 batang serai yang sudah dihilangkan daunnya, lalu cuci sampai bersih, kemudian tumbuk sedikit pangkalnya dan rebus sampai mendidih. Setelah mendidih tuangkan pada air yang dipergunakan untuk mandi. Sepuluh batang serai dapat dipergunakan 2 atau 3 kali, pakailah ramuan ini selama 40 hari. Bentuk tubuh dan urat-urat akan kembali seperti sediakala.

-------------------------------------------------------------------------------------

MANFAAT TANAMAN DAN BUAH JAMBU BIJI

Nama latin Buah Jambu Biji ini Psidium Guajava. Nama lain Jambu Biji ini biasanya juga disebut Jambu Kluthuk atau Jambu Batu.

Kandungan pada jambu biji :
kandungan zat tanin, minyak atsiri, asam ursolat , asam psidiolat , asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan kandungan vitamin.

Sakit Perut
Resepnya :
- 5 – 7 lembar pucuk daun Jambu Biji.
- 1 potong akar ( 5 cm )
- 1 potong kulit batang.
- 1 potong batang.
Cara pemanfaatannya :
Rebus dengan 1,5 liter air sampai masak / mendidih ,minum ramuan tersebut setelah airnya disaring 2 kali sehari pagi dan sore. Saran waktu merebus kalau bisa dalam kuali tanah / keramik / kaca tahan panas , jangan memakai alat masak dari logam.

Kencing Manis
Cara pemanfaatan :
Ambilah sebuah Jambu Biji setengah masak ( mengkal ) belah menjadi beberapa bagian dan rebus dengan 1 liter air, ambil air rebusan setelah menjadi ½ liter saring dan minum selagi hangat 2x setiap hari pada pagi dan sore.



Sering Kencing ( Beser )
Cara pemanfaatan :
Ambil 15 lembar pucuk daun Jambu Biji, lalu ambil 5 sendok beras lalu dihaluskan/ditumbuk kemudian disangrai( goreng tanpa minyak ). Kemudian bahan tersebut direbus dengan air 4 gelas , setelah tinggal 3 gelas saring dan minum airnya selagi hangat 3x sehari

Sariawan.
Cara pemanfaatan :
Ambil 10 lembar pucuk daun Jambu Biji dan 1 potong kulit batangnya. Kemudian rebus dalam 3 gelas air hingga mendidih, sisakan menjadi 2 gelas saring kemudian minum 2x sehari.


-------------------------------------------------------------------------------------

Manfaat Daun Dewa


Daun Dewa atau dengan nama latin Gynura segetum (Lour.) Merr.
Nama Lokal :
Beluntas cina, daun dewa (Sumatra), Samsit; San qi cao (China).;

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Luka terpukul, menghentikan pendarahan, Batuk darah, muntah darah, mimisan; Infeksi kerongkongan, tidak datang haid, digigit binatang berbisa; Pembekuan darah atau melancarkan sirkulasi, kutil, pembengkakan payudara, Tulang patah, pendarahan setelah melahirkan;


Obat Infeksi kerongkongan
Cara pemanfaatan :
Ambil 15-30 gram daun dewa segar, lalu direbus atau ditumbuk kemudian diperas, kemudian minum secara rutin selama beberapa hari.

Obat gigitan binatang berbisa
Cara pemanfaatan :
Ambil umbi secukupnya lalu dilumatkan sampai seperti bubur, ditempelkan ke bagian yang sakit.

Kutil
Cara pemanfaatan :
Ambil 5 lembar daun dewa lalu dihaluskan, dan dilumurkan pada tempat berkutil, kemudian dibalut. Dilepas keesokan harinya.


Luka terpukul, tidak datang haid:
Cara pemanfaatan :
Ambil 15-30 gram herba direbus atau ditumbuk, diambil airnya, campur dengan arak yang sudah dipanaskan, lalu minum secara rutin.

Perdarahan pada wanita, pembengkakan payudara, batuk dan muntah darah
Cara pemanfaatan :
Ambil 1 batang lengkap tanaman dewa (15 gram), kemudian direbus dengan air 500 cc sampai mendidih, setelah itu diamkan agar tidak terlalu panas kemudian diminum secara rutin.

Kejang pada anak
Cara pemanfaatan :
Ambil 1 batang pohon dewa lalu tumbuk sampai halus, kemudian ambil airnya, dicampur arak, setelah tercampur rata segera diminum.

Masuk angin
Cara pemanfaatan :
Ambil 6-9 gram umbi segar pohon dewa ditambah arak kuning (wong ciu) secukupnya, kemudian dipanaskan, minum selagi hangat.


-------------------------------------------------------------------------------------


Manfaat Buah ketimun



Nama Lokal :
Bonteng, katimun, timun, temon, antemon, boyuk (Jawa); Dimu, timu, kadingir, kariri, karere, daka, koto (Sumatra); Kimuni, ancimun, cimen, ansimun, melike, laiseu (Sumatra); Betiak, betik, lepang (Kalimantan), Suai, bojo (Sulawesi);


Penyakit Yang Dapat Diobati :
Menurunkan hipertensi, Kulit gatal, Keracunan, sariawan, demam, jerawat, membersihkan wajah berminyak, membersihkan ginjal, cacingan.

PEMAKAIAN:
Untuk minum: Secukupnya diparut atau dimakan mentah.
Pemakaian luar: Buah secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Dipakai untuk kompres pada demam, dibubuhkan pada luka, luka bakar, bercak noda di kulit, jerawat, membersihkan kulit muka yang berminyak dan mengurangi kulit yang gatal.

Tekanan darah tinggi
Cara pemanfaatan :
Ambil 2 buah ketimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus.Lakukan 2-3 kali sehari.

Sariawan
Cara pemanfaatan :
Setiap hari makan buah ketimun sebanyak 9 buah. Lakukan secara rutin.

Membersihkan ginjal
Cara pemanfaatan :
Ambil ketimun segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan ketimun.

Demam
Cara pemanfaatan :
Ambil ketimun secukupnya dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutannya diletakkan di atas perut saat akan tidur dan baru dihilangkan pada pagi harinya..

Jerawat:
Cara pemanfaatan :
Buah ketimun dicuci bersih lalu diiris-iris. lrisan ketimun ditempelkan dan digosok-gosok pada kulit yang berjerawat. Lakukan setiap hari terutama pada pagi dan malam hari.


SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS
Buah : Penyegar badan, penyejuk, peluruh kencing, menghaluskan dan melemaskan kulit.
Daun : Perangsang muntah.

KANDUNGAN KIMIA
Biji : Minyak lemak, karoten.
Daun : Kukurbitasin C dan stigmasterol


-------------------------------------------------------------------------------------


Manfaat Lidah Buaya

Nama latin dari lidah buaya adalah Aloe Vera Linn.
Nama Lokal :
Lidah buaya (Indonesia), Crocodiles tongues (Inggris); Jadam (Malaysia), Salvila (Spanyol), Lu hui (Cina);

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Shampo, minuman, Obat cacing, Luka bakar, Bisul, Luka bernanah; Amandel, Sakit mata, Keseleo, Kosmetik, Jerawat;

KEGUNAAN:
1. Sakit kepala, pusing.
2. Sembelit (Constipation).
3. Kejang pada anak, kurang gizi (Malnutrition).
4. Batuk rejan (Pertussis), muntah darah.
5. Kencing manis (DM), wasir.
6. Peluruh. haid.
7. Penyubur rambut.

PEMAKAIAN:
Daun.. 10 - 15 gram, bila berbentuk pil: 1,5 - 3 gram.
Atau berupa bubuk (tepung) untuk pemakaian topikal.

PEMAKAIAN LUAR:
Daun dipakai untuk koreng, eczema, bisul, terbakar, tersiram air panas, sakit kepala (sebagai pilis), caries dentis (gigi berlubang), penyubur rambut.

Penyubur rambut:
Cara pemanfaatan :
Ambil daun lidah buaya segar secukupnya kemudian belah, lalu ambil bagian dalam yang seperti agar-agar, kemudian digosokkan ke kulit kepala sesudah
mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan.

Luka terbakar dan tersiram air panas (yang ringan)
Cara pemanfaatan :
Daun lidah buaya lalu dicuci bersih, ambil bagian dalamnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api/air panas.

Bisul
Cara pemanfaatan :
Ambil daun secukupnya lalu dilumatkan dan ditambah sedikit garam, kemudian tempelkan pada bisul.

Kencing manis (DM)
Cara pemanfaatan :
Ambil 1 batang lidah buaya lalu dicuci bersih, dibuang durinya, dipotong-potong seperlunya direbus dengan 3 galas air sampai menjadi 1 1/2 galas.
Diminum sehari 3 x 1/2 gelas, sehabis makan.

Batuk rejan
Cara pemanfaatan :
Ambil daun sekitar 15 - 18 cm lalu cuci sampai bersih, kemudian direbus dan ditambah gula secukupnya, lalu diminum selagi hangat.

Syphilis
Cara pemanfaatan :
Ambil bunga lidah buaya dan ditambah daging yang seperti agar-agar, kemudian direbus, dan minum hangat-hangat.

Cacingan, susah buang air kecil
Cara pemanfaatan :
Ambil 15 - 30 gram akar kering lidah buaya kemudian direbus, dan segera diminum.



Luka terpukul, luka dalam (muntah jarah)
Cara pemanfaatan :
Ambil 10 - 15 gram bunga kering lidah buaya kemudian direbus, lalu diminum atau bunga ditim dengan arak putih, untuk pemakaian luar.

Kencing darah
Cara pemanfaatan :
Ambil 15 gram daun lidah buaya lalu diperas, kemudian ditambah 30 gram gula, dan ditambah air beras secukupnya, segera minum.

Wasir
Cara pemanfaatan :
Ambil 1/2 batang daun lidah buaya lalu dihilangkan duri-durinya, cuci bersih lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu, aduk sampai rata, kemudian saring. Minum sehari 3 kali.

Sembelit
Cara pemanfaatan :
Ambil 1/2 batang daun lidah buaya lalu dicuci dan dibuang kulit dan durinya, isinya dicincang, lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas dan tambahkan 1 sendok makan madu, hangat-hangat dimakan, sehari 2 kali.

SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS
Rasa pahit, dingin. Anti radang, pencahar (Laxative), parasitiside. Herba ini masuk ke meridian jantung, hati dan pancreas.
KANDUNGAN KIMIA: Aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloe-emodin, aloenin, aloesin.

-------------------------------------------------------------------------------------

Manfaat Bunga Putri Malu

Tanaman yang bernama latin Mimosa Pudica atau sering kita kenal Putri Malu
KEGUNAAN:
1. Susah tidur (insomnia).
2. Radang saluran nafas (bronchitis).
3. Panas tinggi pada anak-anak.
4. Herpes (radang kulit karena virus).
5. Cacingan (ascariasis).
6. Rheumatik.

PEMAKAIAN LUAR:
Luka, radang kulit bemanah (piodermi), herpes; Tanaman segar dilumatkan, ditempelkan di tempat yang sakit.

Insomnia
Cara pemanfaatan :
Daun putrid malu 30 - 60 gr., dicuci sampai bersih kemudian direbus, lalu ambil sarinya untuk diminum.
Putri malu (si kejut) 15 gr., Vemonia cinerea (sawi langit) 15 gr., Oxalis repens (calincing) 30 gr., semuanya direbus bahan ini direbus dengan air secukupnya lalu disaring dan diminum selagi hangat.

Chronic bronchitis
Cara pemanfaatan :
Akar putrid malu 60 grdicuci bersih dan dicampur air 600 cc., direbus dengan api kecil sampai air menjadi 200 cc, di minum 2 kali dalam10 hari.
Putri malu 30 gr ditambah akar peristrophe roxburghiana 10 gr., keduanya direbus, dibagi menjadi 2 dosis/hari.


Batuk dengan dahak banyak:
Cara pemanfaatan :
Ambil akar putri malu 10 - 15 gr lalu dicuci sampai bersih, kemudian direbus dan diminum selagi hangat.

Ascariasis
Cara pemanfaatan :
Ambil putri malu 15 - 30 gr lalu cuci bersih, kemudian direbus dan diminum secara rutin.

Rheumatik
Cara pemanfaata :
Ambil 15 gr akar putrid malu lalu direndam dalam arak putih sebanyak 500 cc selama 2 minggu, kemudian diminum secara rutin.



-------------------------------------------------------------------------------------


Khasiat Wortel


Baik Untuk Penglihatan dan Imunitas, Mencegah kanker, Mencegah rabun senja dan memperbaiki penglihatan
Menurunkan kolesterol darah

Comments